Sebanyak 158 calon mahasiswa Universitas Maarif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di hotel Mexolie Kebumen (6/10/2019). Mereka berasal dari berbagai fakultas di UMNU Kebumen. Kegiatan ini bertema “Meneguhkan Kembali UMNU Kebumen sebagai Kridatama University”.

Sehari sebelumnya mereka mendapat penjelasan tentang mekanisme PKKMB yang dulu disebut OSPEK. Pihak panitia menyatakan bahwa dalam PKKMB ini tidak ada perpeloncoan sama sekali. mahasiswa benar-benar dibekali untuk memasuki duinia akademik di perguruan tinggi.

“Semua mahasiswa diminta untuk menjadi Kritis dalam pemikiran, damai dalam perbedaan, taat terhadap hukum dan manusia dalam perbuatan, seperti visi UMNU Kebumen, Kridatama” Tutur Dr. H. Khomsin, M.Pd, Rektor UMNU Kebumen dalam sambutannya.

Lebih lanjut beliau berharap mahasiswa selain aktif dalam kegiatan akademik di kampus mahasiswa juga harus dapat berperan serta dalam kehidupan di luar kampus, dalam kebijakan-kebijakan pemerintah dan aktif di organisasi ekstra kampus yang berafiliasi ke Nahdlatul Ulama.

“Mahasiswa selain dituntut kritis dan pintar di kampus, juga diharap menunjukkan peranan aktifnya di luar kampus melalui kegiatan-kegiatan ekstra kampus, aktiflah di PMII (Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia) yang afiliasinya jelas ke Nahdlatul Ulama.” Sambung Rektor UMNU Kebumen.

Dalam PKKBMB ini akan disampaikan tiga materi utama. Kridatama sebagai Penegak Nilai-nilai Pancasila yang mengundang narasumber dari Yayasan Kridatama Nusantara dan Komandan Kodim 0709 Kebumen. Hadir dari Yakrinus, Mustolih, Ketua Yayasan dan Pasi Intel Kodim 0709 Kebumen, moderator Muchammad Solahudin.

Kridatama yang merupakan nilai dasar dan menjadi Visi UMNU Kebumen merupakan implementasi sekaligus penegak nilai-nilai pancasila yang harus diinternalisasikan ke dalam setiap mahasiswa UMNU Kebumen. Dari diskusi di materi Meneguhkan kembali UMNU sebagai Kridatama University, nilai-nilai sekaligus karakter Kridatama harus berfungsi sebagai ruh UMNU Kebumen. Ini artinya UMNU Kebumen harus senantiasa menenamkan sifat-sifat Kritis, Damai, Taat dan Manusiawi dalam kehidupan akademik maupun kehidupan sosial. (brs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *