Untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Maarif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen membuat terobosan dengan membentuk Majelis Kridatama yang diketuai Mustholih MPd MPdI.

Pengukuhan pengurus Majelis Kridatama dilakukan oleh Direktur Kemahasiswaan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek dan Perguruan Tinggi Dr Didin Wahidin MPd, di halaman kampus UMNU, Jalan Kusuma 75, Kebumen.

Acara bersamaan Peringatan Harlah Ke-92 NU itu dihadiri Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Pengurus PBNU Hanif Saha Gofur, serta Koordinator Kopertis VI Jateng Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd serta segenap keluarga besar.

Rektor UMNU Kebumen Dr Khomsin Ali Usman MPd menyampaikan, Kridatama merupakan pemikiran orisinil yang lahir dari kampus UMNU yang diharapkan mampu menjadi kontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Khususnya dalam konteks penguatan pada nilai-nilai Pancasila. Menurut Khomsin, Kridatama merupakan akronim dari kritis dalam pemikiran, damai dalam perbedaan, taat terhadap hukum, dan manusiawi dalam perbuatan.

Konsep Kridatama itu sejalan dengan tujuan revolusi mental yakni memperjuangkan empat pilar bangsa. Kridatama memiliki empat nilai yakni kritis dalam setiap pemikiran, damai di tengah perbedaan, taat terhadap hukum, dan manusiawi dalam perbuatan atau menjunjung nilai-nilai kemanusiaan.

Nilai Kebangsaan

Khomsin menandaskan, di tengah tergerusnya nilai-nilai baru seiring perkembangan teknologi dan globalisasi perlu diimbangi dengan penguatan kembali nilai-nilai kebangsaan pada generasi milenial. Kebesaran Pancasila harus ditanamkan kembali, sehingga mereka tidak tercabut dari akar keindonesiaan.

Koordinator Kopertis VI Jateng Dwi Yuwono Puji Sugiharto mendukung konsep Kridatama yang sejalan dengan peran perguruan tinggi dan kebutuhan tuntutan zaman, khususnya untuk menghadapi mahasiswa yang berada pada zaman now berikut tantangannya.

Wakil Bupati Yazid Mahfudz menyampaikan pentingya peran perguruan tinggi berkarya nyata dalam ikut membantu mengurangi angka kemiskinan daerah. Pemerintah daerah telah bekerja keras guna mengangkat kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program.

1 Komentar

  1. Mohon info, saya tertarik masuk ke UMNU, boleh kirim informasinya Pak!..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *