Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menggelar acara peringatan Pekan Bahasa dan Sastra (PBS) tahun 2018 jatuh di pekan kedua bulan Oktober. Acara tersebut dipelopori langsung oleh program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, yang merupakan salah satu program studi di kampus UMNU Kebumen menjadi pencetus atas terlaksananya perhelatan ini.

Panitia tersusun dari Civitas Akademika terdiri dari dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Mahasiswa, mereka berhasil mensukseskan rangkaian acara Bahasa dan Sastra ini di awali dengan perlombaan-perlombaan. Lomba yang digelar adalah baca puisi, cipta cerpen, dan cipta esai. Lomba yang dilaksanakan pada Ahad (14/10/2018) adalah lomba pembacaan puisi dengan masing-masing peserta membawakan satu puisi wajib dari WS Rendra dengan judul “Gugur” dan satu lagi puisi pilihan.

Acara dimulai dengan pembacaan doa bersama yang mengawali pertemuan dan dilanjut berbagai sambutan-sambutan. Sambutan pertama dilakukan oleh Nur Habibah Mahasiswi Pendidikan bahasa Indonesia yang saat ini semester VII selaku ketua panitia menyampaikan laporan teknis mengenai tujuan dilaksanakan acara pekan bahasa dan sastra, serta mengenai teknis perlombaan dan jumlah peserta lomba pada masing-masing jenis perlombaan. Selanjutnya sambutan kedua dari perwakilan dewan juri sekaligus mewakili pihak UMNU Kebumen serta membuka acara pada hari itu yakni oleh Onok Yayang Pamungkas,M.Pd. dosen UMNU Kebumen. Beliau menyampaikan beberapa pesan mengenai esensi pentingnya acara Pekan Bahasa dan Sastra ini yakni sebagai ajang untuk mengingatkan kembali, menyegarkan, dan juga sebagai pemberi pengetahuan baru tentang sangat pentingnya kecintaan terhadap bahasa kita sendiri, bahasa nasional maupun bahasa lokal daerah masing-masing.

Kemudian masuk acara inti yakni lomba pembacaan puisi oleh masing-masing peserta lomba, tampil dengan berbagai teknik dan gaya yang membuat suasana hening dan ikut masuk menghayati isi pesan puisi yang disampaikan. Juri pada Lomba baca puisi ini adalah para tokoh hebat, yakni Pertama yang akrab dengan nama Mas Putu Jagat (Aktif sebagai pegiat tulis di kota kebumen), Kedua Onok Yayang Pamungkas,M.Pd. (Dosen), dan Ketiga Ibu Ari Aryani,M.Pd. (Dosen). Pada hari tersebut pula menjadi batas pengumpulan berkas kepada panitia untuk perlombaan cipta cerpen dan esai, dalam bentuk cetak dan soft file.

Sedangkan, untuk pengumuman pemenang nanti akan diumumkan pada hari minggu tanggal 21 bulan oktober ini, bebarengan dengan acara terakhir pada rangkaian kegiatan tersebut yakni acara Bedah Buku karya penulis asli kebumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *