Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen tanggal 26 Agustus 2017 menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pesertanys Mahasiswa se Kebumen. Diklat ini berlangsung bulan Agustus sampai Oktober 2017. Sasaran Diklat ini adalah Mahasiswa dan Pemuda Kebumen. Pada agenda tersebut UMNU menargetkan peserta adalah semua lini di Kabupaten Kebumen, dari Mahasiswa, Pemuda, serta semua kader penggerak Nahdlatul Ulama (NU) yang meliputi GP Ansor, Fatayat, IPNU-IPPNU, dll se Kabupaten Kebumen.

Acara Diklat dibuka oleh Dr. H. Khomsin, M.Pd.I. Rektor UMNU Kebumen, diklat ini penting karena karakter bangsa khususnya pemuda saat ini mulai kehilangan. “Karakter panutan sebagai pegangan untuk hidup yang baik dalam bermasyarakat hilang sehingga mengakibatkan kemerosotan moral.” Tutur Khomsin saat sambutan.

Diklat digelar untuk menjawab stigma tersebut guna melakukan Reinventing karakter bangsa yang selama ini terkikis. Bukan untuk membuat karakter baru bagi bangsa akan tetapi sebagai pelengkap atau mengingatkan kembali ciri yang harus dimiliki oleh bangsa Indonesia sebagai bekal yang berguna bagi diri sendiri dan bersosial.

Karakter yang di angkat tentunya adalah KRIDATAMA dari pemenggalan kalimat yang berisi berbagai esensi makna supaya lebih mudah diingat. Jika dijabarkan adalah sebagai berikut, KRItis dalam pemikiran, DAmai dalam perbedaan, TAat terhadap hukum, MAnusiawi dalam perbuatan (KRIDATAMA).

Diklat tersebut juga diisi materi bela negara sebagai pelengkap bekal untuk lebih menjaga nama baik Negara dan Enterpreneurship sebagai salah satu subjek penerapan dari karakter untuk mewujudkan sosok wirausaha yang kritis, damai, taat, dan juga manusiawi. (Ari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *